Senin, 11 April 2016

Kapan?

Kata 'kapan' merupakan kata yang horor (kalau diikuti dengan kata selanjutnya).
Misalnya:

"Kapan menikah?" :
bagi yang masih single.

"Kapan punya momongan?" :
bagi yang sudah menikah tapi belom kelihatan adanya indikasi hamilnya sang istri.

"Kapan wisuda?" :
bagi mahasiswa yang belum lulus kuliah. *padahal ehhh lagi semangat memperjuangkan tugas akhir*

"Kapan kerja?" :
bagi seorang pengangguran atau umumnya bagi mantan siswa/mahasiswa yang sudah lulus.

"Kapan lanjut kuliah S2/S3?" :
bagi orang yang udah lulus sarjana ato pascasarjana.

"Kapan mo nambah (anak) lagi?" :
bagi pasutri yang udah punya anak.

"Kapan 'mantu'?" :
bagi bapak-bapak dan ibu-ibu yang anak-anaknya udah layak memasuki usia pernikahan.

"Kapan punya cucu?" :
bagi buibu ato pabapak yang anaknya udah nikah.

"Kapan naik haji?" :
bagi orang yang kekayaannya bejibun atau orang yang emang udah pantes naik haji.

"Kapan mo ngelamar?" :
bagi seorang pria yang kehadirannya sangat diharapkan oleh seorang wanita yang udah ngebet banget kepingin dikawinin.

"Kapan masuk kuliah?" :
bagi mahasiswa yang lagi menikmati masa-masa liburan semester atau libur hari raya atau libur akhir tahun atau libur karena ngerjain skripsi ngga selesai-selesai.

"Kapan ngerjain tugas?" :
bagi mahasiswa yang punya anggota kelompok yang sangat luar biasa rajin ngerjain tugas jauh-jauh hari sebelum due date.

"Kapan boker?" :
*bangke banget pertanyaannya*

"Kapan mati?" :
HANYA TUHAN YANG TAHU.
.
.
.
.
.
Aku sendiri juga heran dengan orang-orang yang demen banget nanyain hal-hal begituan. It's ok ini sekadar basa-basi atau buat obrolan ringan daripada diem-dieman. Tapi eh tapi, harus banget ya menanyakan hal seprivat itu? Kalo konteksnya buat bercandaan (apalagi bercandanya sama temen kampret bangke deket), ya ngga apa-apa sih, soalnya tau banget itu cuma becanda dan ngga diseriusin. Cuma guyon belaka, ngga pake hati, soalnya udah tau wataknya masing-masing. Selain itu, hubungan yang terjalin emang udah lengket banget, udah kayak keluarga sendiri, udah berasa sedarah deh pokoknya. Jadi, nggak bakal ada yang tersakiti.
Nah, kalo yang tanya itu orang asing (temen biasa, kenalan, relasi, temen duduk di kereta, orang sebelahan yang lagi antre ATM, alien dari Mars) baru deh pertanyaan-pertanyaan itu masuk ke ranah privasi. "Eh, siape elu nanya-nanya gituan ke gue?"

Well, mungkin orang-orang yang bertanya demikian sudah kehabisan bahan obrolan. Sudah kehabisan akal untuk bikin percakapan. Jadinya yah tanyanya yang gitu-gitu.
  • Buatku sih sah-sah aja. Biasa aja. Tanggepinnya santai aja. Yah, namanya aja basa-basi. Ngapain dimasukin ke hati? (((((Ini kalo lagi dalam keadaan normal bahagia santai loh ya)))))
  • Buatku itu mengganggu banget! Eh, sumpah ya! Situ Tuhan?! Berani banget nanya-nanya beginian!! Kurang kerjaan banget sih ngurusin hidup orang! Benerin dulu hidupmu sendiri sebelum kasih pertanyaan-pertanyaan sensitif gituan! Dasar! (((((Ini kalo lagi diserang PMS *premenstrual syndrome* atau dysmennorheae *rasa sakit sekujur tubuh yang luar biasa semasa datang bulan*)))))
Namanya orang, ya. Karakternya beda-beda. Ada yang santai nanggepin, ada yang sensi. Ada yang cuek, ada yang ngamuk. Ada yang nangis darah, ada yang langsung mati *kena serangan jantung*.
Berarti di sini, yang dibutuhkan adalah pinter-pinternya kita mengontrol pikiran dan emosi dalam menanggapi pertanyaan 'KAPAN' yang demikian.
Begitu halnya dengan orang yang menanyakan 'KAPAN'. Hendaknya juga lihat-lihat situasi dan kondisi, serta SIAPA orang yang ditanyai itu. Jangan lupa sertakan unsur perasaan kalo mo tanya-tanya, jangan semena-mena. Jadi, nggak ngasak ngejeplak gitu aja.
Inti dari semuanya, kita sebagai seorang manusia dan hidup sebagai makhluk sosial sebaiknya saling menghormati satu sama lain. Udah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar