Rabu, 04 Maret 2015

LPDP - Essay 3: Rencana Studi

Rencana Studi

            Saya, Elliza E. R. P., lulus dari Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta (2010 s.d 2014) dengan skripsi yang berjudul “The Development of Solar System Props for Blind Students in SLB-A YAAT Klaten on Ninth Grade”. Skripsi tersebut saya susun dalam bahasa Inggris karena saya ingin mengembangkan kemampuan bahasa Inggris yang saya miliki. Secara singkat, skripsi yang saya susun berisi tentang pengembangan alat peraga sistem tata surya bagi peserta didik difabel netra.
            Selama berkuliah saya aktif sebagai tentor lepas di berbagai lembaga dan secara privat mulai jenjang SD hingga SMA, baik sebagai tentor fisika maupun bahasa Inggris. Sementara, di masyarakat saya terjun dalam kegiatan karang taruna desa sejak saya duduk di bangku SD. Ketika saya duduk di bangku SMP dan SMA, saya mengikuti berbagai ekskul dan pernah menjuarai lomba pidato bahasa Inggris. Semasa berkuliah saya pernah menjuarai lomba pidato bahasa Inggris tingkat fakultas dan lomba karya tulis ilmiah. Untuk tema skripsi sebagai tugas akhir menyelesaikan derajat sarjana, saya mengambil tema inklusi yang mana saya mengembangkan suatu media pembelajaran berupa alat peraga dan rekaman materi untuk materi pembelajaran sistem tata surya bagi peserta didik difabel netra kelas IX. Media pembelajaran yang saya hasilkan bersifat reliabel dan dapat digunakan untuk jenjang semua usia khusus penyandang difabel netra. Berangkat dari penelitian inilah saya mendapatkan kesempatan bertindak sebagai pembicara dalam acara Monthly Disabilitea yang diselenggarakan oleh Pusat Layanan Difabel (PLD) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga tepatnya bulan November lalu. Dalam acara ini, saya mempresentasikan hasil penelitian saya secara singkat dan menyeluruh kepada peserta forum yang juga terdiri atas penyandang difabel, baik difabel netra maupun difabel rungu. Antusiasme para peserta sangat bagus, terlihat dari cara berkomunikasi dan interaksi yang baik.
Latar belakang yang saya padukan dengan minat saya untuk dapat mengabdi sebagai dosen tersebut akan saya eksekusi dengan melanjutkan studi di jenjang magister. Di Program Magister Pendidikan Sains Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), saya berencana untuk mengambil konsentrasi Pendidikan Fisika. Konsentrasi ini linear dengan jurusan yang saya ambil di jenjang Strata-1 yang telah saya lalui. Konsentrasi inilah yang akan saya dalami untuk terjun sebagai tenaga pendidik di perguruan tinggi (dosen) sekaligus sebagai peneliti. Keputusan sebagai seorang dosen saya rasa tepat untuk mendukung minat dan keingintahuan saya di bidang pendidikan sains, khususnya fisika.
Target saya dalam penyelesaian studi magister ini adalah maksimal dua tahun. Saya berharap untuk dapat mendalami ilmu fisika dan ilmu pendidikan, khususnya pendidikan bagi para difabel berkaitan dengan proses pembelajaran fisika. Ke depan, baik selama menempuh proses kuliah magister maupun setelah lulus, saya berharap untuk terus dapat memperoleh pengalaman kerja (mengajar), bersamaan dengan usaha saya mencari institusi Perguruan Tinggi (PT) sebagai tempat mengabdi sebagai dosen dengan bidang ajar yang sesuai dengan konsentrasi studi saya sehingga dapat berperan optimal, maksimal, dan tepat sasaran. Cita-cita dan minat saya yang saling sinkron tersebut adalah menjadi seorang dosen sekaligus peneliti. Dengan begitu, saya turut mengambil bagian dalam pembangunan bangsa Indonesia melalui bidang pendidikan sains, khususnya fisika, sekaligus berperan serta dalam masyarakat melalui pengembangan penelitian yang saya lakukan.

Essay 3: Rencana Studi – Elliza Efina Rahmawati Putri

84 komentar:

  1. assalam mba.. makasih yah essay-essaynya sangat membantu.
    oia, mba ngambil beasiswa LPDP untuk jenjang magister pendidikan fisika di universitas man yah mba ?
    kebetulan saya juga jenjang S1 pendidikan fisika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.
      Makasih juga udah mampir di blogku say :)
      Itu essay2 yang aku tulis adalah essay pas pertama aku ikut LPDP, yang kedua kali belom aku publish ini. Hihiii :D
      Kalo yg pertama dulu ambil UNS, yg kedua ambil UPI. Tapi yaaaahh ternyata rejekiku bukan lewat LPDP. Huhuhuuu :( Yasudahlahyaaaa.
      Anyway, semangat yakkk jadi scholarhunter!! ^^
      Good luck pokoknya ;)

      Hapus
    2. blum rezeki mksudnya mbk? bukannya udah lolos seleksi administrasi??

      Hapus
    3. belum rezeki karena nggak lolos di seleksi wawancaranya.

      Hapus
  2. bermanfaat banget contoh rencana studinya mbk, makasih yah.
    saya mau daftar di lpdp juga. karena menjadi Dosen dan peneliti adalah tujuan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, mas. Diambil yang bermanfaat saja, ya. Hehehee :D
      Iya mas. Semoga lancar dan diberikan hasil yang terbaik. ;)

      Hapus
    2. mohon kirimkan jg mbak contoh rencana studinya


      Nhur.azhara@gmail.com
      terima ks

      Hapus
    3. Sudah saya kirim, Kak Nhur :)

      Hapus
  3. Mbak kira2 kalo boleh tau kenapa ya kok bisa gak lolos di seleksi wawancaranya? Mungkin ada advice mbak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan karena aku kurang aktif di organisasi mbak. :D

      Hapus
  4. makasih mbk untuk referensi rencana studinya.
    sukses selalu :-)

    BalasHapus
  5. boleh minta imail nya eliza, mau minta kirim contoh rencana studi di upi dulu, xlau bisa kirim ke Email sya, joel_fahmy91@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya kirim mas :)

      Hapus
    2. Mba minta jg contoh rencana studix sultansmpn1dp@yahoo.com, trims sbelumx

      Hapus
  6. terima ksih untuk kebaikan nya, sya lgi cari rencana studi di internet tpi tidak lengkap, mohon bantuan nya,

    BalasHapus
  7. mbak elizadengan membaca blog mbak saya sangat terbantu untuk membuat rencana studi tetapi jika bolej bisakah saya melihat rencana mbak untuk ke upi? kalau bisa kirim ke email saya mbak ke nvarach@gmail.com mohon bantuannya terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  8. mbak elizadengan membaca blog mbak saya sangat terbantu untuk membuat rencana studi tetapi jika bolej bisakah saya melihat rencana mbak untuk ke upi? kalau bisa kirim ke email saya mbak ke nvarach@gmail.com mohon bantuannya terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum,
    Salam kenal, mbak kalau boleh saya juga minta dikirim dong mbak rencana studi yg di upi kebetulan lagi mau ijut LPDP yg magister pendidikan juga.
    Email saya: anggunwinursito@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum,
    Salam kenal, mbak kalau boleh saya juga minta dikirim dong mbak rencana studi yg di upi kebetulan lagi mau ijut LPDP yg magister pendidikan juga.
    Email saya: anggunwinursito@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  11. Asalamualaikum mbak, saya mau bertanya mengenai rencana studi untuk beasiswa LPDP yah. Apakah rencana studi dibuat seperti cerita atau proposal usulan? Karena saya masih bingung dengan sistem penulisannya rencana studi yang benar, kebanyakkan di blog seperti tulisan cerita saja. Mohon infonya soalnya tanggal 19 tutupnya. Kirim rencana studinya di email saya hmjbdpfpikubt@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditulis dalam bentuk deskripsi biasa aja mba.
      Sudah saya kirim. :)

      Hapus
  12. Asalamualaikum mbak, saya mau bertanya mengenai rencana studi untuk beasiswa LPDP yah. Apakah rencana studi dibuat seperti cerita atau proposal usulan? Karena saya masih bingung dengan sistem penulisannya rencana studi yang benar, kebanyakkan di blog seperti tulisan cerita saja. Mohon infonya soalnya tanggal 19 tutupnya. Kirim rencana studinya di email saya hmjbdpfpikubt@gmail.com

    BalasHapus
  13. sungguh mb eliza luar biasa.. mb sy juga ingin minta tlg dikirimi contoh essay-essay mb dan rencana studk mb?kl blh minta tlg dikirim ke iccapipi@gmail.com y mb.. mksh bna mb sebelumnya

    BalasHapus
  14. mba boleh minta contoh rencana studi saya bingung nulisnya rizky.ichi.riana@gmail.com

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah mba..tulisan di atas sangat membantu. Sy boleh minta essay yg lain mba? Kalau berkenan, mohon dikirim ke email sy rahmadira92@gmail.com
    Terimakasih mba...
    Sukses dunia akhirat :-)

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah mba..tulisan di atas sangat membantu. Sy boleh minta essay yg lain mba? Kalau berkenan, mohon dikirim ke email sy rahmadira92@gmail.com
    Terimakasih mba...
    Sukses dunia akhirat :-)

    BalasHapus
  17. terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  18. terima kasih atas infox mbak elliza..mohon jika berkenan mbak kirimin juga essaya sama rencana study jadi refrensi ke gemail: goesjaya90@gmail.com
    terim kasih mbak ya kita tunggu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum mbak, maaf sebelrumnya ngrepoti
      Salam kenal, mbak kalau boleh saya juga minta dikirim dong mbak , contoh rencana studinya soalnya mau lanjut LPDP yg magister di UNY yogyakarta..
      Email saya: suryonojep@gmail.com
      Terimakasih sebelumnya mbak

      Hapus
    2. Halo kak Anonim dan kak Benteng Portugis. Rencana studinya sudah saya kirim via email, ya. Trims.

      Hapus
  19. halo mbak... mau dong tanya format rencana studi nya... @horas.napitupulu@ymail.com.. thankiu sbelumnya yaa

    BalasHapus
  20. assalamualikum,mb elliza minta tolong untuk memberikan contoh format rencana studi
    ekoindriyantobk@gmail.com.terima kasih

    BalasHapus
  21. Assalamu'alaikum mba Elliza...!
    klo untuk essaynya apakah di tulis ke tiga2nya ataukah cukup salah satunya aja mba...? mksh sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalam, Kak Syahrul.
      Essaynya ditulis ketiganya, Kak. Bukan salah satu.

      Hapus
  22. Hai Mb Elliza.. Rencana study ini sangat membantu. kebetulan saya juga lagi manyusun rencana study untuk LPDP. bisa gak mb bantu sayauntuk memberikan format rencana study nya mb? ini email saya riaangelia04@gmail.com
    terima kasih sebelumnya ya mb.

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum wr.wb.. salam kenal mbk..tulisan yg sgt bermanfaat mbk.. mbk.. bolehkah saya mminta bantuan mbk untk mmberikan esay n rencana studi k upi k email noviindriani97@gmail.com . Terima kasih sblumny mbk.. maaf mrepotkan...

    BalasHapus
  24. assalamualaikum wr.wr
    salam kenal ka. apa yang ka tulis sangat bermanfaat bagi saya yang membaca. ka saya juga ikut LPDP dan ambil UPI. bleh saya minta contoh rencana studi yang ka buat untuk UPI ?
    makasih sebelumnya ka.

    BalasHapus
  25. asmlkum mbak, slam kenal sy Kia. skrg sya lagi sbuk revisi study plan.tulisan mba sngt mbntu sekli sbg panduan jg mbak oia ,btw boleh tlong kirimin cntoh rencana study mbk ke email sy juga ga/?hihi
    ini mbak emailnya rhahimazakia18.rz@gmail.com,mkasi mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. Sudah saya kirim mbak. :)

      Hapus
  26. kak... tolong kirimin aku essay-essay kakak pas apply lpdp dunk... please....
    terimakasih

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum mbak, perkenalkan saya desti,,,
    sedang mencari proposal rencana studi, namun saya baca di internet kurang lengkap,,,

    bolehkan saya meminta file prosposal rencana studi mbak dulu ??

    email saya :
    adesti66@gmail.com

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. Sudah saya kirim mbak. :)

      Hapus
  28. Assalamualaikum mbak, maaf mengganggu,slam kenal mb, saya Riya
    mbk minta tlong kirimi file proposal rencana studi mbk yang di UPI
    ni email sya: sitiriya0@gmail.com
    mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam. Sudah saya kirim mbak. :)

      Hapus
  29. mba, tolong kirim rencana study k email saya. almaulidayeni@gmail.com

    terima kasih

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum wr wb
    maaf mbak kira2 saya bisa tolong dikirimkan rencana study milik mbak ke email saya hary.sukma@gmail.com
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr.wb.
      Sudah saya kirim kak :)

      Hapus
  31. assalamualaikum..kak boleh dunk... aku minta rencana study yang di upi ini emailku...

    turahasih.lestari@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam. Sudah saya kirim kak :)

      Hapus
  32. Mba terimakasih atas sharing essay nya tentang rencana studi diatas,kalo berkenan boleh lah saya minta contoh esay lain nya ke email saya anariani99@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  33. salam..hallo ka elliza.
    saya Rahmatia, mahasiswa S2 UPI. salam kenal.
    sy ingin mendaftar beasiswa unggulan dr KEMENDIKBUD. salah satu syarat admin adl proposal tersebut. Jk berkenan, blh saling sharing utk mnjd suatu pmbelajaran dan inspirasi sy dlm menulis. ini email sy ka el..-> nnrahmatia@gmail.com
    Termakasih ya ka. Smg sukses sllu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mbak Rahmatia :)
      Salam kenal.
      Proposal yang mana mba? :)

      Hapus
  34. salam kenal elliza. format rencana study boleh dikirim termasuk esay nya. sebelumnya diucapkan terima kasih. email : rudiadvent@yahoo.com

    BalasHapus
  35. makasih mba sharingnya... boleh dikirim contoh rencana studi dan essay mba, terima kasih. Email : rimarizkya26@gmail.com

    BalasHapus
  36. Terimakasih banyak infonya mba Elliza. sangat bermanfaat. Boleh minta tolong dikirimkan juga mba essay mba yg pertama dan kedua di UPI beserta rencana studinya. tolong kirimkan k email saya ummuhanifah33@gmail.com
    Terimakasih banyak mba,

    BalasHapus
  37. hi mbak Elliza saya mohon bantuannya mbak. boleh dikirimkan format rencana studinya mbak ke email ini
    akbar.graha94@gmail.com

    terima kasih mbak atas bantuan.a

    BalasHapus
  38. Terimakasih banyak ilmunya kak Elliza. Jika berkenan, saya ingin mempelajari essay dan rencana studi yang kakak buat yg pertama dan kedua di UPI. Ini alamat emailnya
    , kak: ani.noeriyani@gmail.com

    Reply

    BalasHapus
  39. assalamualaikum mb elisa...mbak ak mnta tlong bisa kirimi contoh rencana studi yg di upi mb. kalo berkenan kirim ke email saya etikyulia@gmail.com

    BalasHapus
  40. salaam kk nona.trimksih bnyk utk info nya..saya ingin pelajari essay rencana study yang kk buat di UNS dan UPI.apa bisa di kirim ke email sy..ini almat email nya ockymofers@gmail.com

    BalasHapus
  41. assalamualaikum. mbak, saya juga ingin pelajari essay rencana studi yg mbak buat dulu. mbak aku boleh minta kirimi ke eamil aku yaa.. ini alamat email nya = ninaselamecita9@gmail.com

    BalasHapus
  42. Assalamu Alaikum kak
    Mohon kesediaan kakak untuk mengirim contoh Proposalnya --> denialfnt12@gmail.com

    BalasHapus