Rabu, 25 Maret 2015

Pizza Ala Elliza

Mumpung lagi rajin masak, bawaannya pengen masak terus ajaaaa. Hahahaa =D
Kali ini aku coba untuk bikin pizza. Well, makanan ala Italia ini belum pernah aku coba bikin sendiri sebelumnya. Nah, inilah saatnya pembuktian jiwa kewanitaanku: memasak. Mhihihiii :D
Pizza yang aku bikin ini simpel banget dan nggak ribet, nggak perlu pake oven. Cukup pake teflon aja. Bahan-bahan yang diperlukan dan topping-nya juga gampang diperoleh dari sekitar, ngga perlu belanja jauh-jauh.
Berikut bahan-bahan yang diperlukan:
  1. Tepung terigu 250 gram
  2. Ragi instan (fermipan) 1 sendok teh
  3. Susu cair hangat 200 ml
  4. Telur ayam 1 butir
  5. Mentega 3 sendok makan
  6. Minyak goreng 3 sendok makan
Bahan-bahan untuk topping:
  1. Sosis ayam/sapi 2 buah, iris tipis
  2. Tomat 1-2 buah, iris tipis
  3. Bawang putih 2 siung, iris tipis
  4. Daun bawang, cincang halus
  5. Keju parut secukupnya
  6. Keju 2 slice, iris menjadi beberapa bagian
  7. Saos cabai/tomat secukupnya sesuai selera
Langkah-langkah pembuatannya:
  1. Campur tepung terigu dengan fermipan, aduk rata. Setelah itu, tambahin mentega dan minyak goreng. Aduk rata lagi sampai tercampur semua. 
  2. Masukkan telur dan susu. Aduk rata sampai adonan menjadi lembut dan kalis. Setelah itu, diamkan selama sekitar 30-45 menit. Jangan lupa wadah adonannya ditutup serbet, yah.
  3. Sembari menunggu adonan yang didiamkan, kita bikin topping aja dulu. Tumis bawang putih, sosis, tomat hingga harum. Setelah itu, tambahkan irisan daun bawang. Setelah cukup matang, angkat. 
  4. Skip skip, anggap aja udah lewat 45 menit. Buka serbet penutup adonan. Uleni adonan lagi tuh. Setelah itu, ambil adonan roti, letakkan di atas teflon yang udah diolesi margarin/minyak goreng. Pipihkan adonan di sepanjang permukaan teflon. Jadi bentuknya lingkaran gitu. Ato kalo mo dibentuk apapun, yaa terserah, suka-suka aja. Biarkan kreativitas Anda yang berbicara. *tsaaaaahh* Setelah itu, tusuk-tusuk permukaan adonan dengan garpu. Supaya ada udara nanti waktu adonannya mengembang. Kalo nggak ditusuk-tusuk, nanti adonannya bisa 'gendut' gitu. Muehehehee :D 
  5. Setelah itu, beri saos cabai/tomat di atas permukaan adonan, kemudian keju slice, dan bahan-bahan yang udah ditumis tadi. Ratakan di atas permukaan adonan. Beri taburan keju.
  6. Kalo udah, tutup teflon, masak dengan api kecil selama kira-kira 15 menit. Api kecilnya itu keciiilll banget. Antara ada dan tiada. Seperti hidup segan, mati tak mau. Kalo kegedean apinya, ntar bawahnya bakal gosong, sementara atasnya belom matang. Seperti itulah.
  7. Setelah matang, angkat, dan sajikan. Nikmati selagi masih hangat dengan saos sambal. Enaaaakkkkk.
Penampakannya kayak gini niihhh:
Voila!
Oiyaa, aku pake teflon yang ukurannya kecil, jadi adonan yang dibikin di atas itu bisa untuk dua porsi pizza. Selain bikin pizza yang bentuknya lingkaran kayak penampakan di atas, pizza kedua yang aku bikin itu ceritanya berbentul hati alias love. Tapi apa daya, gara-gara sulit banget ngebentuknya, yang ada malah jadi abstrak gitu. Yasudahlahyaaaaa. -_____-
Pizza yang 'gagal' -_______-
Gapapalaah keliatan gagal, yang penting soal rasa beuuuuhhhh jangan ditanya deeehhh. Tetep enak doooonnggssss. Yihaaaaaa!! Lumayan lah untuk ukuran pemula yang belajar bikin pizza seperti aku. *menghibur diri-sendiri*
Penampakan mereka berdua
Sekian cerita masak-memasak kali ini. Lain kali kita sambung lagi, yak! Dengan cerita berbeda tentunya. See you, guys!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar