Rabu, 01 April 2015

Martabak Oreo Ala Elliza

Lagi pengen banget ngemil buat malam hari. Yang paling sesuai ya martabak alias terang bulan. Kali ini aku nyoba bikin sendiri dengan topping yang berbeda. Asal-muasalnya sih gara-gara martabak langganan udah berhari-hari nggak buka, jadinya yaaahh daripada nyoba beli di tempat lain, mending iseng bikin sendiri deh. Meskipun tampilannya itu nggak serapi hasil bikinannya abang-abang martabak, yang penting rasanya tetep endeeessss. *membela diri* Hahahaaaa =D
Untuk bahan-bahan, simpel banget:
  1. Tepung terigu 150 gram
  2. Gula pasir 3 sendok teh
  3. Baking powder 1/4 sendok teh
  4. Baking soda 1/4 sendok teh
  5. Garam 1/2 sendok teh
  6. Fermipan 1/2 sendok teh
  7. Air 200 ml
  8. Telur ayam 1 butir
  9. Mentega secukupnya
Untuk topping, simpel juga:
  1. Oreo yang dihancurkan (ebuseeettt bahasanyaaahh =D) secukupnya
  2. Susu kental manis coklat secukupnya
Naah, untuk proses pembuatannya, simpel banget banget banget bangeeettt. Nyahahahahaa =D
  1. Campurkan tepung terigu dengan baking powder. Terus masukin 2 sendok teh gula pasir dan garam. Aduk rata.
  2. Tuang air sedikit demi sedikit sampai adonan rata dan (agak) encer tapi nggak terlalu encer banget. Semu kental gitu deh. Kocok perlahan selama kurang lebih 10 menit.
  3. Masukin fermipan, kocok lagi sampai rata, lalu diamkan selama dua jam. Wadahnya ditutup serbet, yahh.
  4. Setelah waktu berlalu, buka serbet, dan voila! Adonannya sedikit mengembang. Tambahkan telur, baking soda, dan 1 sendok teh gula pasir. Kocok lagi sampai rata. Adonan siap untuk dimasak.
  5. Siapkan kompor dengan nyala api kecil (semacam hidup segan mati tak mau) dan teflon yang udah diolesi mentega. Nah, masukkan adonan tadi di atas permukaan teflon, ratakan mengelilingi permukaan, jadi bentuknya lingkaran gitu. Tunggu sampai adonan berlubang-lubang, setelah itu tutup teflon. Tunggu sampai matang kira-kira 5-8 menit.
  6. Setelah matang, angkat adonan. Letakkan di piring. Sekarang siap untuk menghias martabak dengan topping. Menghiasnya selagi martabak masih panas, yaah. Jadi, topping-nya bisa lumer banget deh.
  7. Olesi bagian atas martabak dengan mentega, lalu taburi dengan oreo yang udah dilumatkan. Tuangkan susu kental manis di atasnya.
  8. Selesai! \(^_^)/
Penampakannya seperti ini nihhhh. Dimaafkan yak karena tampilannya masih berantakan karena aku masih amatir sekali. Wkwkwkk =D
Tampak atas
Setelah dibalik dan dipotong-potong =D
Manisnya pas banget dan kekenyalan martabaknya pas. I told you, ini enak banget. *ya iya lah enak orang bikinannya sendiri yaa dienak-enakin* Wkwkwkkk =D
Martabak Oreo ala Elliza ^_^
See you on my next post, guys! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar